Senin, 12 April 2010

Customer Service

Pertanyaan dari saudaraqu Khina, jadi memancing rasa menulisqu untuk berbagi dengan teman-teman
pertanyaan dari Khina adalah "mba, apa sih kriteria untuk menjadi customer service"

Sebelum lebih jauh mengetahui kriteria menjadi Customer Service, terlebih dahulu kita harus tahu apa itu customer service

What is Customer Service:
Menurut Jamier L. Scott (2002) dalam wikipedia (http://en.wikipedia.org/wiki/Customer_service) "Customer Services adalah rangkaian kegiatan yang dirancang untuk menambah kenyamanan dari pelanggan"

Tugas Customer service
Dapat dilihat dari definisi diatas tugas seorang customer service yang paling utama adalah berkaitan dengan pelayanan terhadap pelanggan:
1. Menjadi garda depan perusahaannya
   bekerja sesuai visi, misi dan budaya perusahaan
2. Dapat menjadi problem solving bagi pelanggan
3. Memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, sehingga pelanggan merasa nyaman, sehingga dapat menimbulkan loyalitas pelanggan terhadap produk bahkan perusahaan

Untuk beberapa perusahaan seperti bank misalnya, customer service juga memiliki tugas untuk secara tidak langsung meningkatkan penjualan atau menjual produknya.

Lalu bagaimana dengan kriteria menjadi seorang Customer Service yang baik:
1. Seorang Customer Service harus dapat mencerminkan perusahaan yang diwakilinya, baik dalam segi penampilan, berbicara dan berprilaku
2. Seorang Customer Service sebaiknya memiliki pengetahuan luas, baik tentang perusahaannya (seperti bergerak dibidang apa, memiliki produk seperti apa, perusahaan-perusahaan atau produk-produk yang mendukung perusahaan atau produk-produk yang diwakilinya), perusahaan atau produk-produk saingan
3. Sehingga dapat menjadi Problem solving yang baik
4. Customer Service yang baik harus cepat dan tanggap terhadap keinginan dan permasalahan pelanggan
5. Customer Service yang baik harus dapat memberikan pelayanan yang baik, dan membuat pelanggan yang nyaman

Untuk beberapa Perusahaan yang memiliki kriteria lain untuk seorang customer service, harus memiliki keterampilan penjualan produk

Tips dan Trik menjadi Customer Service
1. Selalu layani Customer  dengan tulus, karena layanan yang tulus akan sangat dirasakan oleh customer agar dia merasa nyaman
2. langkah awal mungkin dapat berikan senyum yang tulus dalam melayani atau berhadapan dengan customer
3. kesampingkan semua masalah di luar pekerjaan karena akan mempengaruhi penampilan dan pekerjaan
4. Berpakaian selalu rapih, bersih dan wangi (jangan terlalu menyengat, gunakan parfum yang lembut) kalo abis makan jangan lupa sikat gigi ya...:p
5. Bagi wanita, gunakan Full make up tanpa harus menor
6. Kendalikan selalu emosi kita, agar dapat selalu berpikir jernih, jangan terpancing dengan pelanggan yang sedang marah, anggaplah bahwa sebenarnya pelanggan yang sedang marah tidak tahu permasalahan yang dihadapi dan pahami bahwa sebenarnya dia kecewa dan bingung
7. Dengarkan keluhan pelanggan agar kita dapat cepat tanggap terhadap permasalahan

Nach...mudah-mudahan tulisan ini dapat berguna bagi teman-teman yang ingin menjadi customer service atau sudah menjadi customer service ^_^

by: Tetty





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://smilebox.com/playEmail/4d5463794e44557a4e6a4e384d7a67784d4449344e444d3d0d0a&sb=1